Pengembangan CD Interaktif Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Grafik dan Matematik pada Materi Gerak Harmonik Sederhana.

Saputra, Muhammad Galeih and Ariswan, Ariswan (2019) Pengembangan CD Interaktif Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Grafik dan Matematik pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan CD interaktif fisika berbasis PBL pada materi gerak harmonik sederhana yang layak digunakan, (2) mengetahui keefektifan penggunaan CD interaktif fisika berbasis PBL pada materi gerak harmonik sederhana yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan representasi grafik, (3) mengetahui keefektifan penggunaan CD interaktif fisika berbasis PBL pada materi gerak harmonik sederhana yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik, (4) mengetahui profil peningkatan kemampuan representasi grafik dan representasi matematik yang dihasilkan dalam penggunaan CD interaktif fisika bebasis PBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D. Subjek coba lapangan adalah 64 siswa di SMA Negeri 4 Yogyakarta dengan rincian 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas control. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas produk, tes kemampuan representasi matematis dan grafik. Teknik analisis data menggunakan General Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, media CD interaktif fisika berbasis PBL pada materi Gerak Harmonik Sederhana yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian oleh expert judgment, guru fisika, teman sejawat, dan masuk kategori sangat baik dengan nilai 4,36 dari nilai maksimal 5. Kedua, penggunaan CD interaktif fisika berbasis PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik peserta didik di SMA Negeri 4 Yogyakarta kelas XI MIPA 5. Ketiga, Penggunaan CD interaktif fisika berbasis PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematik peserta didik di SMA Negeri 4 Yogyakarta kelas XI MIPA 5. Keempat, profil peningkatan kemampuan representasi grafik dan representasi matematik yang dihasilkan dalam penggunaan CD interaktif fisika bebasis PBL yaitu masing- masing terjadi peningkatan yg signifikan, seperti yang tertera pada grafik estimasi peningkatan kemampuan baik grafik maupun matematik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, PBL, representasi grafik dan matematik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:04
Last Modified: 05 Aug 2020 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68670

Actions (login required)

View Item View Item