Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Simulasi Android Permainan Tulup untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA.

Putranta, Himawan and Supahar, Supahar (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Simulasi Android Permainan Tulup untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (26MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (88MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis guicied inquiry berbantuan simulasi android permainan tulup yang layak untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan HOTS peserta didik pada materi momentum dan impuls. (2) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran fisika guided inquiry berbantuan simulasi android permainan tulup untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan HOTS peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Researclt and Development dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subyek penelitian ini terdiri atas 491peserta didik kelas XI MIPA dari SMA N 1 Ngaglik, SMA N 1 Depok-Sleman, SMA N 4 Yogyakarta, SMA N 1t Yogyakarta, SMA N 1 Sewon, dan SMA N 1 Kasihan yang terlibat dalam uji coba instrumen, 86 peserta didik kelas XI MIPA dari SMA N 9 Yogyakarta yang terlibat dalam uji coba produk secara terbatas, dan 90 peserta didik kelas X MIPA dari SMA N 5 Yogyakarta yang terlibat dalam uji coba produk secara luas. Intrumen tes terdiri dari instrumen tes kemampuan literasi sains dan HOTS. Intrumen non-tes berupa lembar penilain kelayakan perangkat pembelajaran, lembar validasi instrumen tes, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik menggunakan persamaan rerata dan simpangan baku ideal, serta validitas instrumen soal tes diuji menggunakan persamaan Aiken'V dan analisis partial credit model (PCM) menurut teori respon butir (IRT). Teknik analisis uji efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan HOTS peserta didik menggunakan Generalized Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika guided inquiry berbantuan simulasi android permainan tulup yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan HOTS peserta didik berdasarkan penilaian ahli, praktisi, dan teman sejawat dengan kategori sangat layak. (2) Perangkat pembelajaran fisika berbasis guided inquiry berbantuan simulasi android permainan tulup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan HOTS peserta didik dengan nilai partial eta squared masing-masing sebesar 66,6oh dan9A,9o/o.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Guided Inquay, Permainan Tulup, Kemampuan Literasi Sains, Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:29
Last Modified: 05 Aug 2020 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68669

Actions (login required)

View Item View Item