Masitah, Fatma Nuril and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Bahan Ajar Materi Gelombang Bermuatan Nilai Alquran untuk Peningkatan Kompetensi Sikap Spiritual dan Pengetahuan Metakognitif. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar bermuatan nilai Alquran yang layak untuk meningkatkan pengetahuan metakognitif dan sikap spiritual peserta didik SMA, dan (2) menguji keefektifan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model 4D, yaitu (1) define, analisis kebutuhan pembelajaran, (2) design, merancang draft produk, (3) develop, pengembangan produk dan dinilai oleh ahli dan praktisi, uji coba produk, serta revisi produk, (4) disseminate, penyebaran produk akhir. Produk bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar materi gelombang bermuatan nilai Alquran. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 10 peserta didik. Subjek pada kelas eksperimen 20 orang dan pada kelas kontrol 21 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian bahan ajar, lembar penilaian kemampuan pengetahuan metakognitif dan sikap spiritual, serta angket respon peserta didik terhadap bahan ajar. Teknik analisis data menggunakan tahap analisis uji asumsi, N-gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size. Penelitian ini menghasilkan (1) bahan ajar bermuatan nilai Alquran yang telah memenuhi kriteria kelayakan. Kriteria kelayakan bahan ajar sesuai hasil penilaian oleh dosen ahli dan praktisi. (2) Bahan ajar tersebut mendapat respon baik dari peserta didik. (3) Penerapan bahan ajar tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan mmetakognitif dan sikap spiritual.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, kemampuan spiritual, pengetahuan metakognitif |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 07:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 08:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68666 |
Actions (login required)
View Item |