Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Kemandirian Belajar Siswa SMA.

Eveline, Erline and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Interactive Phyics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android pada materi impuls dan momentum yang layak untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) dan kemandirian belajar siswa SMA; (2) mengetahui efektivitas penggunaan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android pada materi impuls dan momentum dengan pendekatan scaffolding untuk meningkatkan HOTS dan kemandirian belajar siswa SMA. Metode Research and Development (R & D) digunakan dalam penelitian ini. Langkah penelitian terdiri dari: (1) Defining, mencakup analisis awal, analisis siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep; (2) Designing, mencakup pemilihan dan perancangan instrumen penelitian, IPMLM, dan konten-konten IPMLM; (3) Developing, mencakup pengembangan instrumen dan IPMLM, validasi instrumen dan IPMLM, uji terbatas dan uji luas; (4) Disseminating, produk akhir disebarluaskan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh dosen ahli, guru fisika, dan teman sejawat. Produk yang telah divalidasi kemudian diuji coba terbatas dan uji luas. Subjek uji terbatas terdiri dari pada 13 siswa di SMA Yayasan Pendidikan Kristen Pontianak, sedangkan subjek uji luas terdiri dari 76 siswa pada tiga kelas eksperimen dan 81 siswa pada tiga kelas kontrol di SMA Negeri 1 Pontianak, SMA Negeri 3 Pontianak, dan SMA Koperasi Pontianak. Pretest-posttest control group design digunakan sebagai desain eksperimen uji coba luas. Uji luas bertujuan untuk melihat keefektifan IPMLM ditinjau dari HOTS dan kemandirian belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) IPMLM yang dihasilkan layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan kemandirian belajar siswa dengan kriteria kelayakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi; (2) IPMLM terbukti efektif meningkatkan HOTS dan kemandirian belajar siswa yang diterapkan dengan pendekatan scaffolding yang ditunjukkan dari: a) nilai signifikansi sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga disimpulkan efektif, b) nilai gain score HOTS dan kemandirian belajar siswa sebesar 0,4 yang berada pada kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan pembelajaran mengunakan media IPMLM dengan pendekatan scaffolding mampu membantu siswa menyelesaikan tugas-tugas dalam ranah HOTS dan meningkatkan aktivitas siswa yang berbasis pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android, Pendekatan Scaffolding, Higher Order Thinking Skills, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:30
Last Modified: 11 Oct 2023 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68664

Actions (login required)

View Item View Item