Pengaruh Blended Synectics Learning Model Berbantuan Edmodo terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta Materi Usaha dan Energi.

Lazuardini, Dian Aulia and Wilujeng, Insih (2019) Pengaruh Blended Synectics Learning Model Berbantuan Edmodo terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta Materi Usaha dan Energi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui: (1) pengaruh Blended Synectics Learning Model berbatuan Edmodo terhadap keterampilan berpikir kreatif dan minat belajar siswa terhadap materi usaha dan energi, (2) perbedaan pengaruh Blended Synectics Learning Model berbatuan Edmodo dengan model lain terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan (3) perbedaan pengaruh Blended Synectics Learning Model berbatuan Edmodo dengan model lain terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan model quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control- group design. Populasi penelitian ini merupakan keseluruhan kelas X di SMA Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh tiga kelas sebagai sampel penelitian. Kelas X-MIPA 5 (32 siswa) digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Blended Synectics Learning Model berbantuan edmodo. Kelas X-MIPA 4 (31 siswa) digunakan sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Syncetics dan kelas X-MIPA 7 (27 siswa) juga sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Tes uraian digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Tes uraian dan angket minat belajar diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil validasi pada tes uraian dan angket minat belajar menunjukkan bahwa keduanya valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan analisis uji MANOVA sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan yakni : (1) pembelajaran Blended Synectics Learning Model berbatuan Edmodo berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kreatif dan minat belajar siswa berdasarkan hasil uji Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Pillai’s Trace, dan Roy’s Largest Root dengan nilai signifikansi 0,000 (p < α 0,05); (2) pembelajaran Blended Synectics Learning Model berbantuan Edmodo dengan rerata gain keterampilan berpikir kreatif sebesar 0,60 dan memiliki pengaruh positif lebih besar dibandingkan model syncetics (N gain=0,41) dan PBL (N gain=0,38); (3) pembelajaran Blended Synectics Learning Model berbantuan Edmodo dengan rerata gain 0,58 minat belajar siswa menghasilkan pengaruh positif lebih besar dibandingkan model syncetics (N gain=0,38) dan PBL (N gain=0,07). Hasil penelitian dapat menunjukkan penerapan Blended Synectics Learning Model berbatuan Edmodo lebih berpengaruh secara positif terhadap keterampilan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dibandingkan model pembelajaran syncetics dan PBL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Blended Synectics Learning Model, Edmodo, Keterampilan Berpikir Kreatif, Minat Belajar, Usaha dan Energi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2020 02:58
Last Modified: 12 Oct 2023 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68662

Actions (login required)

View Item View Item