Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Kearifan Lokal Gambang Kromong Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA.

Nurmayanti, Devy and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Kearifan Lokal Gambang Kromong Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning yang layak untuk meningkatkan karakter cinta tanah air dan hasil belajar kognitif siswa SMA, (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan karakter cinta nanah air siswa setelah menggunakan perangakat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan gambang kromong dan model discovery learning, dan (3) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan perangakat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan gambang kromong dan model discovery learning Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D dengan tahapan berikut: (a) pendefinisian, (b) merancang model, (c) pengembangan, (4) tahap penyebaran. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 42 siswa kelas XI MIA 3 dan kelas kontrol sebanyak 42 siswa XI MIA 1 di SMA BUDHI WARMAN 2, Jakarta. Intrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, angket untuk mengukur nilai karakter siswa, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis standard deviation ideal dan uji ANAVA mix design dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah, (2) perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan karakter cinta tanah air siswa, dan (3) perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa,

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, kearifan lokal, gambang kromong , discovery learning, hasil belajar kognitif, cinta tanah air
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2020 02:39
Last Modified: 04 Aug 2020 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68661

Actions (login required)

View Item View Item