Nurmayanti, Devy and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Kearifan Lokal Gambang Kromong Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran .pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning yang layak untuk meningkatkan karakter cinta tanah air dan hasil belajar kognitif siswa SMA, (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan karakter cinta nanah air siswa setelah menggunakan perangakat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan gambang kromong dan model discovery learning, dan (3) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan perangakat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan gambang kromong dan model discovery learning Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D dengan tahapan berikut: (a) pendefinisian, (b) merancang model, (c) pengembangan, (4) tahap penyebaran. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 42 siswa kelas XI MIA 3 dan kelas kontrol sebanyak 42 siswa XI MIA 1 di SMA BUDHI WARMAN 2, Jakarta. Intrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, angket untuk mengukur nilai karakter siswa, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis standard deviation ideal dan uji ANAVA mix design dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah, (2) perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan karakter cinta tanah air siswa, dan (3) perangkat pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kearifan lokal gambang kromong dan model discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa,
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, kearifan lokal, gambang kromong , discovery learning, hasil belajar kognitif, cinta tanah air |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 02:39 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 02:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68661 |
Actions (login required)
View Item |