PENGGUNAAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV B SD N JAGERAN

Pramudita, Patricia Orshella (2020) PENGGUNAAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV B SD N JAGERAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Patricia Orshella Pramudita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif dan ranah afektif kelas IV B SD N Jageran dengan menggunakan tekateki silang. Penelitian dilaksanakan di SD N Jageran. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantatif untuk menganalisis data hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SD N Jageran, dengan hasil: a) nilai rata-rata kelas hasil belajar IPS ranah kognitif pada pra tindakan sebesar 42,4 menjadi 56,4 pada siklus I, kemudian meningkat sebesar 6,35 menjadi 71,2 pada siklus II, dan selanjutnya mencapai 82 pada siklus III; b) skor rata-rata kelas ranah afektif setelah dilakukan siklus III yaitu 28 dan mencapai kategori “Sangat Baik”. Kata kunci: teka-teki silang, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:43
Last Modified: 29 Jul 2020 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68648

Actions (login required)

View Item View Item