PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN NYAEN-1 PANDOWOHARJO SLEMAN

Sakti, Angga Bima (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN NYAEN-1 PANDOWOHARJO SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Angga Bima Sakti .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nyaen 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklus. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas IV SDN Nyaen 1 yang terdiri atas 16 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar soal. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yang ditentukan adalah hasil belajar ≥75% jumlah siswa memenuhi KKM yaitu ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi KKM dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus I, siswa yang memenuhi KKM berjumlah 19 orang atau sekitar 68% dari jumlah keseluruhan dan mengalami peningkatan menjadi 25 orang atau sekitar 89% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik, pada siklus I jumlah siswa mencapai ketuntasan sebesar 71% dan pada siklus II menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Nyaen 1. Kata kunci: hasil belajar, Student Teams-Achievement Divisions, siswa kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:45
Last Modified: 29 Jul 2020 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68643

Actions (login required)

View Item View Item