Istiqomah, Dini Nur (2020) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS 1 KECAMATAN SENTOLO, KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Dini Nur Istiqomah .pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo sebanyak 119 siswa dengan sampel penelitian 91 siswa yang diambil secara acak menggunakan perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data pengelolaan kelas, dan motivasi belajar menggunakan skala. Instrumen penelitian ini diuji cobakan kepada 28 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan teknik expert judgement. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, dan linearitas. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Sentolo berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 64,93%; (2) tingkat pengelolaan kelas pada siswa kelas V SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Sentolo berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 64%; (3) pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar; dengan sumbangan sebesar 23,3%. Kata kunci: pengelolaan kelas, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:37 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68641 |
Actions (login required)
View Item |