PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZELLA (MONOPOLI PUZZLE PANCASILA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 KARANGGEDANG BUKATEJA PURBALINGGA

Fa’uni, Arini Mayan (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZELLA (MONOPOLI PUZZLE PANCASILA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 KARANGGEDANG BUKATEJA PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arini Mayan Fa’uni .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran pada materi nilai Pancasila di kelas II SD Negeri 3 Karanggedang. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menghasilkan media MOZELLA yang layak digunakan, 2) mengetahui tingkat kelayakan media MOZELLA, 3) mengetahui efektivitas media MOZELLA untuk meningkatkan pemahaman materi nilai Pancasila. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada metode pengembangan oleh Borg dan Gall yang dibatasi pada sembilan langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) uji coba lapangan operasional 9) revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, skala penilaian, serta pre-test dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media MOZELLA layak digunakan. Produk penelitian ini melalui tahap perencanaa, validasi ahli materi dan ahli media, uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional. Hasil validasi ahli materi 4,36 kategori “Sangat Baik”, ahli media 4,27 kategori “Sangat Baik”, penilaian guru kelas 4,62 kategori “Sangat Baik”, uji coba lapangan awal 4,75 kategori “Sangat Baik”, dan uji coba lapangan utama 4,56 kategori “Sangat Baik”. MOZELLA juga dinyatakan efektif berdasarkan uji coba lapangan operasional dengan hasil pre-test 3,29 kategori “Kurang Baik” dan post-test 4,29 kategori “Sangat Baik”. Kata kunci: media MOZELLA, nilai Pancasila, kelas II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:27
Last Modified: 29 Jul 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68640

Actions (login required)

View Item View Item