PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Saputri, Nurwinda (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurwinda Saputri .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus V Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo sebanyak 109 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 84 siswa yang diambil melalui teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 28 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Chonbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan multikoliniearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 19,78%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan efektif sebesar 33,53%; dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan sumbangan efektif sebesar 53,21%. Kata kunci: efikasi diri, motivasi belajar, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:22
Last Modified: 29 Jul 2020 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68639

Actions (login required)

View Item View Item