PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anggito, Albi (2020) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Albi Anggito.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik CITA (Cerita Indonesia Kita) yang layak digunakan pada materi keberagaman budaya Indonesia untuk meningkatkan karakter toleransi kepada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan tujuh langkah, yaitu penelitian dan pengembangan informasi awal, perencanaan pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan buku komik layak dan mempunyai kualitas tinggi, sehingga dapat digunakan di sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,53 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas dari segi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,50 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,25 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan awal pada guru memperoleh skor rata-rata 4,50 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,46 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan utama pada guru memperoleh skor rata-rata 4,75 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,74 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Jadi, komik CITA layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kata kunci: buku komik, prestasi belajar IPS, karakter toleransi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:33
Last Modified: 29 Jul 2020 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68636

Actions (login required)

View Item View Item