PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIKUTUK

Makrifah, Anisa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIKUTUK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anisa Makrifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Kalikutuk. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kalikutuk, kelas IVA sebagai kelas kontrol (27 siswa) dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen (24 siswa). Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran TGT, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, soal pretest dan posttest, dan dokumen hasil belajar. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu dengan uji mean hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol, serta dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 71,67 berada pada kategori hasil belajar cukup, lebih tinggi dua tingkat dari rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 48 yang berada pada kategori gagal. Didukung dari hasil uji N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu sebesar 0,55>0,04. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diartikan bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan hasil belajar materi bahasan IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Kalikutuk. Kata kunci: TGT, hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:09
Last Modified: 29 Jul 2020 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68633

Actions (login required)

View Item View Item