PERSEPSI SISWA KELAS X IPS TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Afrilia, Tifani Tri (2020) PERSEPSI SISWA KELAS X IPS TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FANI dokumen.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa positif persepsi siswa kelas X IPS terhadap pembelajaran renang di SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Validasi data menggunakan rumus product moment dengan r hit > r tab (0,234). Reliabilitas menggunakan cronbach alpha yaitu reliabilitas 0,870. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 71 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 dalam kategori positif sebesar 66,2 % dengan hasil presentase faktor internal sejumlah sangat positif 9,9 %, positif 23,9 %, dan sedang 32,4 %. Sedangkan persepsi untuk kategori negatif sebesar 33,8 % dengan hasil presentase faktor eksternal sejumlah negatif 29,6 % dan sangat negatif 4,2 %. Sehingga dapat dikatakan persepsi siswa kelas X SMA N 4 Yogyakarta kategori positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pembelajaran renang, siswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jul 2020 05:37
Last Modified: 27 Jul 2020 05:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68622

Actions (login required)

View Item View Item