UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI KERAGAMAN PADA MUATAN AJAR IPS KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KABUPATEN KULON PROGO

Irmayati, Dania (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI KERAGAMAN PADA MUATAN AJAR IPS KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dania Irmayati .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada muatan ajar IPS menggunakan media permainan monopoli keragaman di SD Negeri Punukan, Wates, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian berjumlah 24 orang siswa kelas IV SD Negeri Punukan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang berlangsung dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata minat belajar siswa kelas IV minimal mencapai persentase sebesar ≥75% yang termasuk pada kategori tinggi. Minat belajar siswa pada muatan ajar IPS dapat ditingkatkan melalui media permainan monopoli keragaman. Langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran yaitu siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang beranggotakan 6 orang siswa, lalu diberikan satu set media permainan monopoli keragaman yang memuat materi ajar IPS, lalu siswa bermain, dan pemain yang menjadi pemenang adalah pemain yang memperoleh bintang terbanyak dalam permainan. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Punukan dapat ditingkatkan melalui media permainan monopoli keragaman. Peningkatan minat belajar dapat dilihat dari hasil observasi minat belajar siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11,2% dari pra siklus sebesar 44,9% meningkat ke siklus I hingga mencapai 56,1%. Sementara itu pada siklus II diperoleh hasil 72,78% sehingga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 16,68%. Berdasarkan angket minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 49% dan pada siklus I mencapai 61,94%, terjadi peningkatan sebesar 12,94%. Sementara itu pada siklus II mencapai 75,78% sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,84% dari siklus I. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan monopoli keragaman pada kegiatan pembelajaran IPS dapat meningkatakan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Punukan. Kata kunci: minat belajar, media, permainan monopoli keragaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:03
Last Modified: 29 Jul 2020 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68620

Actions (login required)

View Item View Item