Aplikasi Multidimensional Scaling Untuk Peningkatan Pelayanan Proses Belajar Mengajar (PBM).

Irlandia, Ginanjar (2008) Aplikasi Multidimensional Scaling Untuk Peningkatan Pelayanan Proses Belajar Mengajar (PBM). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
M-19 Statistika(Irlandia).pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokan karakteristik pelayanan Proses Belajar Mengajar (PBM) berdasarkan presepsi mahasiswa dengan menggunakan Analisis multidimensional scaling, yang mana dari hasil pengelompokan karakteristik pelayanan tersebut dapat dijadikan masukan dalam merumuskan kebijakan serta tindakan-tindakan oleh pemimpin institusi dalam meningkatkan PBM di institusi tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana cara mendapatkan peta presepsi dengan menggunakan Multidimensional Scaling sehingga dapat diketahui karakteristik pelayanan PBM mana yang menjadi prioritas untuk diperbaiki oleh institusi. Objek penelitian yang diteliti yaitu sebuah perguruan tinggi, dengan data yang dipakai adalah data skunder berupa data presepsi mahasiswa terhadap pelayanan institusi. Kesimpulan yang didapatkan adalah terbentuknya empat kelopok karakteristik pelayanan PBM dengan karakteristik masing-masing kelompok adalah: Kelompok 1, kelompok karakteristik pelayanan yang menjadi prioritas pertama untuk diperbaiki. Kelompok 2, kelompok karakteristik pelayanan yang menjadi prioritas kedua untuk diperbaiki. Kelompok 3, kelompok karakteristik pelayanan yang menjadi prioritas ketiga untuk diperbaiki. Kelompok 4, kelompok karakteristik pelayanan yang tidak harus diperbaiki. Kata Kunci: Multidimensional Scaling, Pemetaan, Peta presepsi

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 29 Oct 2012 01:12
Last Modified: 29 Oct 2012 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6862

Actions (login required)

View Item View Item