PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA

Agustin, Ranny Dwi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP FPB DAN KPK DENGAN MEDIA DAKOTA DI KELAS IV SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ranny Dwi Agustin .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD Negeri Punukan, Wates, Kulon Progo dengan menggunakan media pembelajaran dakon matematika (DAKOTA). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah 24 siswa kelas IV SD Negeri Punukan. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus ada 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dijelaskan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan media dakota untuk memahami konsep pemfaktoran, kelipatan, FPB (Faktor Persekutuan Besar), dan KPK (Kelipatan Persekutuan Kecil). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar sebelum dilakukan tindakan (pretest) menunjukkan hasil 33,3 % peserta didik yang lulus KKM. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 62,5% peserta didik yang lulus KKM. Lalu, pada siklus II peneliti memperoleh hasil 79,16% peserta didik yang lulus KKM. Hal ini menunjukkan penelitian telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75% peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dengan menggunakan media dakota memperoleh nilai ≥70. Hasil observasi juga menujukkan peningkatan proses pembelajaran. Penilaian guru pada siklus I menunjukkan hasil 67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Penilaian siswa pada siklus I menunjukkan hasil 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dakota pada kegiatan pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Punukan. Kata kunci: matematika, FPB dan KPK, hasil belajar, dakota.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:52
Last Modified: 29 Jul 2020 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68619

Actions (login required)

View Item View Item