PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO

Novianingrum, Aisyah (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aisyah Novianingrum .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa kelas V SD Islamiyah Warungboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sikap percaya diri siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan sikap percaya diri pada siswa kelas V SD Islamiyah Warungboto. Sikap percaya diri siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, yaitu: (1) penomoran, (2) pengajuan pertanyaan, (3) berfikir bersama, (4) pemberian jawaban, (5) pemberian tanggapan, dan (6) kesimpulan. Peningkatan sikap percaya diri siswa dapat dilihat dari hasil observasi. Hasil observasi menunjukkan persentase siswa yang tergolong dalam kategori percaya diri tinggi dan sangat tinggi pada siklus I yaitu 50% sedangkan siklus II yaitu 80%, sehingga penelitian berhenti pada siklus II karena kriteria keberhasilan tindakan yang diharapkan pada penelitian ini telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa kelas V SD Islamiyah Warungboto. Kata kunci: percaya diri, siswa, numbered head together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Jul 2020 05:05
Last Modified: 27 Jul 2020 05:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68616

Actions (login required)

View Item View Item