PENINGKATAN KARAKTER KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI RANDUSARI KOTAGEDE

Arum, Tyas Kurnia (2020) PENINGKATAN KARAKTER KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI RANDUSARI KOTAGEDE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tyas Kurnia Arum .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan karakter kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas III SD Negeri Randusari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan skala penilaian diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilalui, diantaranya: 1) presentasi di kelas, 2) tim, 3) game, 4) turnamen, dan 5) rekognisi tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan karakter kerjasama siswa kelas III SD Negeri Randusari. Berdasarkan hasil kedua instrumen, pada tahap pra tindakan hanya diperoleh hasil sebesar 42,11%. Lalu, pada siklus I terjadi peningkatan, berdasarkan hasil observasi sebesar 60% yang didukung oleh hasil skala penilaian diri sebesar 63,2%. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan mencapai 80% berdasarkan hasil kedua instrumen. Dengan demikian pada siklus II karakter kerjasama siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu ≥75% dari jumlah keseluruhan siswa dengan capaian kategori kerjasama sangat tinggi. Kata kunci: karakter kerjasama siswa, Team Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:54
Last Modified: 27 Jul 2020 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68615

Actions (login required)

View Item View Item