PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS II KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, TAHUN AJARAN 2019/2020 :

Ramadhanty, Evila (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS II KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO, TAHUN AJARAN 2019/2020 :. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Evila Ramadhanty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan siswa kelas 5 SD Negeri se-Gugus II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Se-Gugus IIKecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo dengan total 163 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 116 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dan teknik SimpleRandom Sampling. Teknik pengumpulan data kecerdasan emosional dan kedisiplinan siswa menggunakan kuesioner dengan skalasikap Likert. Skala sikap ini diujicobakan kepada 28 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan daya beda dihitung menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alphacronbach dengan nilai R sebesar 0,711. Uji prasyarat analisis menggunakan ujinormalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan sebesar 50,5% dan hasil persamaan regresi adalah Y=19,234+0,682X. . Nilai sig dalam uji regresi sederhana adalah 0,000 (<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa “Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap Kedisiplinan siswa kelas 5 SD Negeri seGugus II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo”. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:47
Last Modified: 27 Jul 2020 04:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68613

Actions (login required)

View Item View Item