PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS JASMANI MELALUI PERMAINAN SIRKUIT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR SISWA KELAS BAWAH

Utami, Kristi (2020) PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS JASMANI MELALUI PERMAINAN SIRKUIT UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR SISWA KELAS BAWAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KRISTI UTAMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa model aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar lokomotor siswa kelas bawah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini berupa model prosedur yang bersifat deskriptif, karena dalam penelitian ini menggunakan lagkah-langkah yang harus diikuiti untuk menghasilkan sebuah produk berupa model aktivitas jasmani permainan sirkuit untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar lokomotor siswa kelas bawah. Prosedur atau langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangakan produk awal, 3) uji validasi ahli dan uji reabilitas produk, 4) uji coba skala kecil dan luas, 5) revisi produk, 6) penyusunan produk final. Uji validasi menggunakan validasi isi dan uji reabilitas menggunakan Indeks Kesesuaian Kasar (Crude Index Agreemnt), hasil uji reabilitas memperoleh koefisien 0,750-0,812. Hasil dari rubrik penilaian juga menunjukkan tuntasnya kemampuan siswa pada tiap aspek (KKM=75). Uji coba skala kecil dilakukan di SD Negeri Karangjati dan uji coba skala besar dilakukan di SD Negeri Mlesen dan MI Husnayain Sleman. Hasil akhir dalam penelitian ini berupa aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit yang terdiri dari: 1) mempersiapkan tempat dan peralatan, 2) kegiatan awal/pemanasan, 3) kegiatan inti yang terdiri dari 5 pos permainan yaitu Lampu Lalu Lintas, Topi Kerucutku, Balap Engklek, Tongkat berjalan, dan Terowongan Bola, 4) kegiatan penutup/pendinginan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Sirkuit, Gerak Dasar Lokomotor, Siswa Kelas Bawah
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:24
Last Modified: 23 Jul 2020 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68603

Actions (login required)

View Item View Item