PERBANDINGAN EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODUL DENGAN VIDEO TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PENCAK SILAT KELAS VII SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Kurnianto, Dian Hari (2021) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODUL DENGAN VIDEO TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PENCAK SILAT KELAS VII SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dian hari kurnianto_13601241090.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan efektifitas modul dengan video pada pelaksanaan pembelajaran pjok materi pencak silat kelas VII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Selain itu penelitian ini ditujukan kepada guru agar dapat membantu memberikan referensi media yang tepat dalam meningkatkan hasil prestasi belajar pada pembelajaran pencak silat kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen atau biasa di sebut eksperimen semu dengan pretest-postest tak ekuivalen yang berarti pada penelitian ini peneliti tidak dapat mengontrol penuh subjek penelitian sehingga memungkinkan ada variabel luar yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul sebanyak 76 yang dibagi kedalam 2 kelompok tanpa diacak murni melainkan pembagian kelas berdasarkan nomor absen genap dan nomor ganjil. Kelas penelitian ini terdiri dari kelas ekperimen dengan media modul dan kelas eksperimen dengan media video pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes hasil belajar pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan uji Independent t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t diapatkan nilai signifikansi 2 tailed 0,00 < 0,05 maka dapat di simpulkan ada perbedaan rata-rata antara kelas modul dan kelas video yakni nilai rata-rata posttest modul sebesar 17,03 sedangkan nilai rata-rata posttest video sebesar 25,5 maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan video lebih efektif daripada pembelajaran mengunakan modul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:30
Last Modified: 10 Feb 2021 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68572

Actions (login required)

View Item View Item