MANAJEMEN PENDANAAN PENYELENGGARAAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN DIY

Nugraha, Viory Prasetya (2020) MANAJEMEN PENDANAAN PENYELENGGARAAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIORY PRASETYA NUGRAHA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendanaan penyelenggaraan ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 2 Depok Sleman DIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data. Penelitian ini ditulis berdasarkan metode deskriptif dan data disajikan secara naratif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, bendahara sekolah, pembina kegiatan ekstrakurikuler basket, pelatih ekstrakurikuler bola basket, dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 2 Depok Sleman DIY. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode alir yaitu dengan tiga langkah analisis data kualitatif yang terdiri dari produksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, manajemen pendanaan penyelenggara-an ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 2 Depok Sleman DIY dikelola oleh pihak sekolah yang terdiri atas Kepala Sekolah, bendahara sekolah, dan guru yang bertindak sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler bola basket tanpa melibatkan pelatih ekstrakurikuler bola basket maupun peserta didik yang mengikuti kegiatan esktrakurikuler bola basket. Kedua, cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas manajemen pendanaan penyelenggaraan ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 2 Depok Sleman DIY adalah dengan melibatkan seluruh komponen pelaksana kegiatan ekstrakurikuler, membangun komunikasi yang baik antar komponen pelaksana ekstrakurikuler, meningkatkan kualitas individu pemimpin, dan melaksanakan pengawasan dengan memperhatikan tingkat kepuasan penyelenggaraan esktrakurikuler

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendanaan, Ekstrakurikuler, Basket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Jul 2020 05:45
Last Modified: 15 Jul 2020 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68556

Actions (login required)

View Item View Item