PENGARUH LATIHAN METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP KETEPATAN PUKULAN SMASH ATLET UMUR 10-15 TAHUN PB. MANUNGGAL BANTUL YOGYAKARTA

Chandrika, Methodius Ferdyan Thino (2020) PENGARUH LATIHAN METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP KETEPATAN PUKULAN SMASH ATLET UMUR 10-15 TAHUN PB. MANUNGGAL BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF FULL Methodius Ferdyan Thino Chandrika.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan metode circuit training terhadap peningkatan ketepatan pukulan smash atlet bulutangkis umur 10-15 tahun PB. Manunggal Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperiment dengan desain “The One Group Pretest Posttest Design”. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bulutangkis umur 10-15 tahun PB. Manunggal Bantul Yogyakarta yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria dalam penentuan sampel (1) daftar hadir minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan), (2) pemain merupakan atlet bulutangkis di PB Manunggal Bantul, (3) berusia 10-15 tahun, (4) Bersedia mengikuti treatment, (5) lama latihan minimal 6 bulan, atlet sudah terampil bermain bulutangkis. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes ketepatan pukulan smash. Nilai validitas 0,675 dan reabilitas 0,768. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh latihan metode circuit training terhadap peningkatan ketepatan pukulan smash pada permaianan bulutangkis atlet umur 10-15 tahun PB. Manunggal Bantul Yogyakarta. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan nilai t hitung 8.472 > t tabel 2.093 dan hasil perhitungan nilai Sig yang diperoleh 0.000 ˂ 0.05, maka hasil ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan kenaikan persentase sebesar 36,99%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Lismadiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bulutangkis
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2020 09:10
Last Modified: 14 Jul 2020 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68553

Actions (login required)

View Item View Item