TINGKAT KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Nurhandayani, Halimah Puji (2021) TINGKAT KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_halimah puji nur handayani_15601241063.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian mengetahui pengaruh penggunaan media video dalam peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Penjasorkes dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Penjasorkes dengan penggunaan media video pada siswa Kelas 2 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan variabel yaitu kemampuan kognitif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 63 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket atau quesioner. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan analisis ANAVA dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian memperlihatkan jika terdapat peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Penjasorkes dengan penggunaan media video pada siswa Kelas 2 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, yang diiperlihatkan dari 63 siswa SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara 49 siswa (77.78%) masuk dalam kategori sangat tinggi, 6 siswa (9.53%) masuk dalam kategori tinggi, 4 siswa (6.35%) masuk dalam kategori cukup, 2 siswa (3.17%) masuk dalam kategori rendah dan 2 siswa (3.17%) masuk dalam kategori sangat rendah. Sehingga rata-rata kemampuan kognitif siswa SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara masuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:45
Last Modified: 09 Feb 2021 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68543

Actions (login required)

View Item View Item