IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD NEGERI SE-KECAMATAN WATES

Panuntun, Erwin Dwi (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SD NEGERI SE-KECAMATAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULLTEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods). Populasi yang digunakan adalah guru PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Wates yang berjumlah 29 sekolah dasar. Teknik sampling dalam penelitian adalah random sampling. Sampel diambil dari 6 sekolah dasar dari masing-masing wilayah, yaitu bagian utara SD Negeri 2 Wates dan SD Negeri Gadingan, bagian selatan SD Negeri Graulan dan SD Negeri 6 Bendungan, baian barat SD Negeri Conegaran dan SD Negeri Karangwuni, sehingga sampel berjumlah 6 guru Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari Miles & Huberman dan deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PJOK di SD Negeri se-Kecamatan Wates berada pada kategori baik. Guru PJOK sudah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Santifik dan Problem-based Learning. Adapun kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus, buku guru dan menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik akan tetapi belum sesuai dengan dengan aturan. Pelaksanaan kegiatan 5M belum maksimal, karena kurangnya pemahaman guru untuk mengembangkan kegiatan dalam 5M. Guru PJOK sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun, guru jarang menggunakan pedoman penskoran karena kurangnya pemahaman guru tentang hal tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:20
Last Modified: 10 Jul 2020 06:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68534

Actions (login required)

View Item View Item