TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KAYEN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TERHADAP GERAK DASAR RENANG GAYA CRAWL

Fiantoro, Arief (2021) TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KAYEN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TERHADAP GERAK DASAR RENANG GAYA CRAWL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arief fiantoro_17604221020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik tingkat pengetahuan peserta didik kelas VI SD N Muhammadiyah Kayen terhadap gerak dasar renang gaya crawl. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kayen Kecamatan Depok Kabupaten Sleman pada 3-25 Mei 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian Darojatun Joko Semedi yang berjudul “Tingkat Pengetahuan Peserta Didik Kelas IV Di SD N Punukan Terhadap Gerak Dasar Renang Gaya Crawl” berupa tes pilihan ganda dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 peserta didik dengan teknik total sampling. Validitas dalam penelitian ini dilakukan oleh dosen ahli kemudian dilakukan analisis butir soal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Kayen terhadap gerak dasar renang gaya crawl berada pada kategori baik. Secara rinci kategori “sangat baik” memiliki presentase 0%, kategori “baik” sebesar 46,5%, kategori “cukup” sebesar 39,3%, kategori “kurang” 7,1%, dan kategori “sangat kurang” 7,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: renang, gaya crawl, tingkat pengetahuan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:32
Last Modified: 18 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68522

Actions (login required)

View Item View Item