IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI SE KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO

Astuti, Arifianti Mardi (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI SE KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran PJOK kurikulum 2013 di SD Negeri se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulonprogo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru PJOK Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 29, dengan sampel yang digunakan 3 orang diambil berdasarkan teknik cluster Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif (mixmethode), yaitu untuk kulaitatif: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi yang mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan kata-kata dan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam Mata Pelajaran PJOK pada Kurikulum 2013 di SD N se Kecamatan Wates sebagian besar berada pada kategori baik. Dari hasil analisis kualitatif, Guru PJOK sudah memasukkan nilai-nilai karakter dalam merencanakan kegiatan pembelajaran (menyusun RPP). Pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pendidikan karakter sudah dimasukkan, namun masih kurang muncul karena masih lebih menonjolkan materi inti. Penilaian sikap/karakter juga belum dilakukan dengan norma penilaian yang benar, hanya dilakukan berdasar pengamatan manual, sehingga nilai sikap/karakter siswa kurang terukur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter, PJOK
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:13
Last Modified: 09 Jul 2020 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68519

Actions (login required)

View Item View Item