EFEKTIVITAS LATIHAN TEKNIK BODY ROLL TERHADAP JUMLAH STROKE RENANG GAYA CRAWL 100 METER ATLET RENANG DI CAESAR SWIMMING CLUB KABUPATEN KULON PROGO

Wahyuti, Dian Dwi (2020) EFEKTIVITAS LATIHAN TEKNIK BODY ROLL TERHADAP JUMLAH STROKE RENANG GAYA CRAWL 100 METER ATLET RENANG DI CAESAR SWIMMING CLUB KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas latihan teknik body roll terhadap jumlah stroke renang gaya crawl 100 meter atlet renang di Caesar Swimming Club Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design”. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet renang di Caesar Swimming Club Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 11 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: (1) Berusia 8-12 tahun, (2) Jenis kelamin laki–laki maupun perempuan, (3) Menguasai 4 gaya dalam renang, dan (4) Pernah mengikuti perlombaan baik tingkat Daerah, Provinsi, ataupun Nasional. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney dan independent sample T-Test. Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil post-test renang gaya crawl 100 meter kelompok eksperimen dan kelompok kontrol selisih rata-rata nilai teknik body roll 0,80 dan jumlah stroke -1,80 dengan taraf signifikansi 0,887 > 0,05 maka latihan teknik gerak body roll tidak efektif digunakan untuk mempengaruhi jumlah stroke renang gaya crawl 100 meter atlet renang di Caesar Swimming Club Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Body Roll, Jumlah Stroke
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:25
Last Modified: 09 Jul 2020 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68517

Actions (login required)

View Item View Item