Studi Komparasi Model Open Inquiry Dengan Guided Inquiry Berbasis Real Object Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar dan Keterampilan Proses Sains Terpadu Peserta Didik Kelas X Materi Plantae.

Romadhona, Rizky Restu and Suyanto, Slamet (2020) Studi Komparasi Model Open Inquiry Dengan Guided Inquiry Berbasis Real Object Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar dan Keterampilan Proses Sains Terpadu Peserta Didik Kelas X Materi Plantae. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan antara open inquiry dan guided inquiry berbasis real object terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae); (2) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan antara open inquiry dan guided inquiry berbasis real object terhadap keterampilan proses sains terpadu peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae); (3) Mengetahui model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dasar peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae); (4) Mengetahui model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae). Jenis penelitian yang digunakan quasi-experimental dengan desain nonequivalent pretes postest control group desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dengan metode tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara Open inqury dan Guided inquiry berbasis real object terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae) dengan perolehan nilai sig. < nilai α (0,946 > 0,05); (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signfikan antara Open inqury dan Guided inquiry berbasis real object terhadap keterampilan proses sains terpadu peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae) dengan perolehan nilai sig. < nilai α (0,00 < 0,05); (3) Model pembelajaran Open inquiry efektif untuk meingkatkan keterampilan proses sains terpadu peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae) berdasarkan skor n-gain sebesar 0,78 (peningkatan kategori tinggi) dan nilai rata-rata postes sebesar 86,7 (mencapai KKM 70); (4) Model pembelajaran Guided inquiry tidak efektif untuk meingkatkan keterampilan proses sains terpadu peserta didik kelas X pada materi tumbuhan (plantae) berdasarkan skor n-gain sebesar 0,52 (peningkatan kategori sedang) dan nilai rata-rata postes sebesar 67,83 (tidak mencapai KKM 70)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: open inquiry, guided inquiry, keterampilan proses sains dasar, keterampilan proses sains terpadu.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:30
Last Modified: 23 Feb 2023 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68513

Actions (login required)

View Item View Item