HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN POWER TUNGKAI DENGAN KETEPATAN PUKULAN JUMPING SMASH DALAM BULUTANGKIS PESERTA UKM BULUTANGKIS UNY 2020

Kalbuadi, Fedita (2020) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN POWER TUNGKAI DENGAN KETEPATAN PUKULAN JUMPING SMASH DALAM BULUTANGKIS PESERTA UKM BULUTANGKIS UNY 2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fedita Kalbuadi (16601244020) PJKR 2016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan pukulan jumping smash, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan ketepatan pukulan jumping smash, dan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan, dan power tungkai dengan ketepatan pukulan jumping smash peserta UKM Bulutangkis UNY. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian korelasional. Terdapat dua variabel bebas, yaitu: kekuatan otot lengan (X1), power tungkai (X2), dan satu variabel terikat, yaitu: ketepatan jumping smash. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa UKM Bulutangkis UNY yang berjumlah 15 Mahasiswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan melakukan tes dan pengukuran, yaitu kekuatan otot lengan, power tungkai, dan ketepatan jumping smash. Instrumen untuk mengukur kekuatan otot lengan yaiu menggunakan neraca pegas digital, untuk mengukur power tungkai menggunakan vertical jump, dan untuk mengukur ketepatan jumping smash oleh Saleh Anasir (2010). Uji persyaratan dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis terdiri dari korelasi berganda dan regresi berganda. Dapat disimpulkan bahwa pada mahasiswa UKM Bulutangkis UNY: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan pukulan jumping smash peserta UKM Bulutangkis UNY, dengan nilai rhitung 0,951 > rtabel 0,482. (2) Ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan ketepatan pukulan jumping smash peserta UKM Bulutangkis UNY, dengan nilai rhitung 0,949 > rtabel 0,482. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan power tungkai dengan ketepatan pukulan jumping smash peserta UKM Bulutangkis UNY, dengan nilai Fhitung 84,265 > Ftabel 3,89 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh X1 dan X2 terhadap Y.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Amat Komari, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:07
Last Modified: 08 Jul 2020 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68512

Actions (login required)

View Item View Item