Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Disisipi Media Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.

Rizqita, Vikqy and Djukri, Djukri (2020) Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Disisipi Media Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model Problem-Based Learning disisipi media permainan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan maksud untuk membandingkan kelas yang diberikan pembelajaran dengan model Problem-Based Learning yang disisipi media permainan dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda untuk pemahaman konsep dan soal uraian untuk berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23 dengan uji independent sample t-test. Hipotesis pada penelitian ini yaitu penggunaan pada penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning disisipi media permainan memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning yang disisipi media permainan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang telah didapat dari hasil analisis uji independent sample t-test, yaitu dengan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 pada kemampuan pemahaman konsep dan 0,000 < 0,05. Dari hasil yang telah diuji maka peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem- Based Learning disisipi media permainan lebih baik bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, media permainan, model pbl, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:50
Last Modified: 20 Jul 2020 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68511

Actions (login required)

View Item View Item