Rizqita, Vikqy and Djukri, Djukri (2020) Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Disisipi Media Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. S2 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model Problem-Based Learning disisipi media permainan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan maksud untuk membandingkan kelas yang diberikan pembelajaran dengan model Problem-Based Learning yang disisipi media permainan dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda untuk pemahaman konsep dan soal uraian untuk berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23 dengan uji independent sample t-test. Hipotesis pada penelitian ini yaitu penggunaan pada penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning disisipi media permainan memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning yang disisipi media permainan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang telah didapat dari hasil analisis uji independent sample t-test, yaitu dengan taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 pada kemampuan pemahaman konsep dan 0,000 < 0,05. Dari hasil yang telah diuji maka peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem- Based Learning disisipi media permainan lebih baik bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, media permainan, model pbl, pemahaman konsep |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:50 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |