IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMP/MTs SE-KECAMATAN TANJUNGSARI

Bramanto, Arif (2020) IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMP/MTs SE-KECAMATAN TANJUNGSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TAS ARIF BRAMANTO PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran PJOK di SMP/MTs se-Kecamatan Tanjungsari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix methods. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru PJOK di SMP/MTs se-Kecamatan Tanjungsari sebanyak 4 orang. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk teknik analisis data kuantitatif yaitu menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan persentase untuk masing-masing indikator. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran PJOK di SMP/MTs se-Kecamatan Tanjungsari berada pada kategori “tidak baik” sebesar 0,00% (0 guru), “kurang baik” sebesar 50,00% (2 guru), “baik” sebesar 50,00% (2 guru), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 guru). Guru PJOK sudah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Saintifik. Adapun kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus, buku guru dan menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik akan tetapi belum sesuai dengan aturan. Pelaksanaan kegiatan 5M belum maksimal, karena kurangnya pemahaman guru untuk mengembangkan kegiatan dalam 5M.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, kurikulum
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:56
Last Modified: 08 Jul 2020 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68507

Actions (login required)

View Item View Item