PENGARUH LATIHAN DOWNHILL RUNNING TERHADAP KECEPATAN LARI 50 METER SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 1 TANJUNGSARI

Nanang, Nanang (2020) PENGARUH LATIHAN DOWNHILL RUNNING TERHADAP KECEPATAN LARI 50 METER SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 1 TANJUNGSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan downhill running terhadap kecepatan lari 50 meter siswa kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari. Metode dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperiment design atau eksperimen semu dengan one group pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari yang mengikuti cabang olahraga atletik. Sampel yang diambil berjumlah 10 orang yang terdiri dari 6 putra dan 4 putri. Instrumen yang digunakan adalah tes lari sprint 50 meter. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paried sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang sugnifikan latihan downhill running terhadap kecepatan lari 50 meter siswa kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung (5.993) ˃ ttabel (2.262) dan P (0.000) ˂ (0.05), maka terdapat peningkatan yang signifikan pada kecepatan lari 50 meter. Presentase peningkatan tersebut sebesar 3.4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan downhill running terhadap kecepatan lari 50 meter siswa kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Sriawan, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: lari, downhill running
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:26
Last Modified: 08 Jul 2020 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68506

Actions (login required)

View Item View Item