Sadewa, Arya (2020) PENGARUH LATIHAN SHADOW WHEEL CHAIR TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN DROPSHOT BULUTANGKIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI REVISI UJIAN ARYA(turnitin).pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan shadow wheel chair terhadap peningkatan ketepatan pukulan dropshot bulutangkis. Jenis penelitian yaitu eksperimen dengan desain “Control Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bulutangkis penyandang disabilitas di Yogyakarta yang berjumlah 29 atlet. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) penyandang disabilitas kategori WH1 dan WH2, (2) berjenis kelamin laki-laki, (3) Daftar hadir latihan minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan pada saat treatment), (4) bersedia untuk mengikuti perlakuan sampai akhir. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 10 atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen keterampilan dropshot forehand dari Poole yang dimodifikasi. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan shadow wheel chair terhadap peningkatan ketepatan pukulan dropshot bulutangkis, dengan nilai t hitung 9,129 > t tabel 2,776, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (2) Kelompok eksperimen yang diberikan latihan shadow wheel chair lebih baik daripada kelompok kontrol terhadap peningkatan ketepatan pukulan dropshot bulutangkis, dengan selisih sebesar 4,80.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Ch. Fajar Sri Wahyuniati, M.Or. |
Uncontrolled Keywords: | bulutangkis, latihan shadow wheel chair, pukulan dropshot |
Subjects: | Olahraga > Kepelatihan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 02:14 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 02:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68504 |
Actions (login required)
View Item |