PENGARUH TERAPI LATIHAN KEKUATAN CALF RAISES DAN ANKLE HOPS TERHADAP CEDERA OTOT GASTROCNEMIUS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 1 SENTOLO

Prasetya, Muhtar Dwi (2021) PENGARUH TERAPI LATIHAN KEKUATAN CALF RAISES DAN ANKLE HOPS TERHADAP CEDERA OTOT GASTROCNEMIUS PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 1 SENTOLO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhtar dwi prasetya_14603141037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Sentolo yang sering mengalami nyeri pada otot gastrocnemius saat melakukan latihan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi latihan kekuatan calf raises dan ankle hops terhadap cedera otot gastrocnemius pada siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Sentolo. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Sentolo. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapat sampel sejumlah 30 orang. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok menggunakan teknik ordinal pairing. Instrumen dalam penelitian ini yaitu Skala Numerik atau Numeric Rating Scale (NRS) yang memiliki skor 0 sampai 10 dan goniometer untuk mengukur ROM (gerak luas sendi) lutut dan pergelangan kaki. Analisis data penelititan ini menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas menggunakan Shapiro-wilk test (p>0,05), uji homogenitas dicari dengan uji Levene’s test (p>0,05), dan dilanjutkan uji Independent t-test (p<0,05) untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan terapi latihan kekuatan calf raises dan ankle hops dapat menurunkan skala nyeri dan meningkatkan ROM lutut dan ankle pada penderita cedera otot gastrocnemius secara signifikan (p<0,05). Dari selisih data post dan pretest diketahui efektivitas penurunan skala nyeri otot gastrocnemius kaki kanan sebesar 15,69% dan kiri 39,91%. Efektivitas peningkatan ROM lutut gerakan fleksi kaki kanan sebesar 1,58% dan kiri 1,48%. Efektivitas peningkatan ROM ankle gerakan dorsofleksi kaki kanan sebesar 15,86% dan kiri 16,07%, gerakan plantarfleksi kaki kanan sebesar 6,57% dan kiri 6,48%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S.
Uncontrolled Keywords: futsal, gastrocnemius, cedera otot, terapi latihan kekuatan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:47
Last Modified: 15 Oct 2021 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68500

Actions (login required)

View Item View Item