PERAN LITERASI FISIK (PHYSICAL LITERACY) DALAM PARTISIPASI AKTIVITAS FISIK DI USIA LANJUT

Arini, Husnayain Aufa (2020) PERAN LITERASI FISIK (PHYSICAL LITERACY) DALAM PARTISIPASI AKTIVITAS FISIK DI USIA LANJUT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran literasi fisik bagi lansia untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada tanggal 2 Maret sampai 16 Maret 2020. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam guna memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Analisis data dibantu dengan aplikasi atlas.it 8. Partisipan dalam penelitian ini adalah lansia yang berumur 70-80 tahun sebanyak 10 orang yang aktif melakukan aktivitas fisik. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa peran literasi fisik menjadikan para lansia masih aktif melakukan aktivitas fisik sampai di usia mereka yang sudah tidak muda lagi. Peran literasi berupa motivasi, kepercayaan diri, kompetensi fisik, pemahaman dan pengetahuan. Peran literasi fisik ini sangat mempengaruhi aktivitas mereka dan membawa mereka menjadi lansia yang unggul dan memiliki pengalaman di bidang olahraga yang luar biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: aktifitas fisik, literasi fisik, lansia
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jul 2020 01:27
Last Modified: 08 Jul 2020 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68498

Actions (login required)

View Item View Item