MINAT PESERTA DIDIK PUTRI DALAM PEMBELAJARAN LONCAT KANGKANG KELAS X TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Handayani, Sufi (2020) MINAT PESERTA DIDIK PUTRI DALAM PEMBELAJARAN LONCAT KANGKANG KELAS X TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat peserta didik putri dalam pembelajaran loncat kangkang. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui penyebab kurang berminatnya peserta didik putri dalam pembelajaran loncat kangkang kelas X tahun ajaran 2018/2019 di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik putri kelas X T.A 2018/2019 SMA N 2 Bantul berjumlah 10 peserta didik dengan nilai masih dibawah KKM. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kurang berminatnya peserta didik putri ini berdasarkan faktor intrinsik yaitu peserta didik putri tidak menyukai materi loncat kangkang lebih menyenangi olahraga bersifat permainan, beberapa anak yang obesitas tidak yakin untuk melakukukan dan juga adanya perasaan takut sehingga mempengaruhi perhatian peserta didik yang berdampak dengan ketidakmauan peserta didik putri untuk terlibat dalam pembelajaran materi loncat kangkang. Ketakutan tersebut berhubungan dengan faktor ekstrinsik yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang baik selain itu cara guru mengajar kurang menarik dalam mengemas pembelajaran dan juga kurang mendukung dari lingkungan baik di sekolahan yaitu teman sebaya maupun di lingkungan keluarga. Sehingga faktor ekstrinsik lebih dominan menjadi penyebab kurang berminatnya peserta didik putri terhadap materi loncat kangkang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: loncat kangkang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jul 2020 01:09
Last Modified: 14 Jul 2020 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68496

Actions (login required)

View Item View Item