PERBEDAAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH DATARAN RENDAH DAN TINGGI

Afif, Alif Muna (2020) PERBEDAAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH DATARAN RENDAH DAN TINGGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi-alif muna afif-16601241111.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat Kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar di daerah dataran rendah dan tinggi pada SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat dan SDN 1 Sirnagalih Garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode komparatif. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat dengan jumlah 94 siswa dan SDN 1 Sirnagalih Garut 93 siswa. Menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan sampel SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat sebanyak 80 siswa dan SDN 1 Sirnagalih sebanyak 74 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dengan usia 10-12 tahun. Teknik analisis menggunakan uji-t pada sampel berhubungan melalui uji prasyarat, normalitas, dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV-VI sekolah dasar di daerah dataran rendah dan tinggi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata tingkat kesegaran jasmani siswa SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat sebesar 9,93, sedangkan siswa SDN 1 Sirnagalih garut sebesar 13,37, sehingga memiliki selisih sebesar 3,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV-VI di dataran tinggi SDN 1 Sirnagalih Garut lebih baik daripada tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV-VI di dataran rendah SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Dataran rendah, dan Dataran tinggi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Jul 2020 01:26
Last Modified: 07 Jul 2020 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68463

Actions (login required)

View Item View Item