FAKTOR PENGHAMBAT GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB KOTA YOGYAKARTA

Purnama, Hanistya Nurwinda (2020) FAKTOR PENGHAMBAT GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan adaptif Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup bagi Guru Pendidikan Jasmani di SLB Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 Guru Pendidikan Jasmani di SLB Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yaitu peneliti memberikan angket kepada responden, setelah memperoleh data penelitian data diolah. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif statistik yaitu dari angket yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil dalam penelitian ini faktor penghambat guru Pendidikan Jasmani tentang pembelajaran adaptif anak berkebutuhan khusus di SLB Kota Yogyakarta, yang terbagi dalam dua faktor, yaitu faktor internal meliputi faktor jasmaniah/fisik dan faktor psikologis, faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana, hubungan sosial, bahan materi, kemampuan dan keterampilan. Secara rinci hasil yang paling menghambat dari Faktor Internal yaitu Faktor Jasmaniah/Fisik “menghambat” (66,67%) dan hasil paling menghambat dari Faktor Eksternal yaitu Bahan Materi “menghambat” (55,56%), dan Kemampuan dan keterampilan “menghambat” (55,56%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Pembelajaran
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jul 2020 06:32
Last Modified: 03 Jul 2020 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68428

Actions (login required)

View Item View Item