PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TIRTOHARGO KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Yuristiawan, Yuristiawan (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TIRTOHARGO KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YURISTIAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar siswa melalui permainan bola besar pada siswa kelas V SD Negeri Tirtohargo. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan proses dan peningkatan produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian tindakan kelas memiliki empat langkah dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tirtohargo yang berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan berupa observasi, catatan lapangan, hasil tes pengukuran kemampuan motorik, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data primer yang digunakan adalah proses pembelajaran penjasorkes siswa kelas V, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah nilai pengukuran kemampuan motorik siswa kelas V SD Negeri Tirtohargo. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses ditandai dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan perilaku siswa selama pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bola besar dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa kelas V SD Negeri Tirtohargo. Peningkatan tersebut terlihat pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari peningkatan kedisiplinan, kerja sama, sportifitas, dan tanggung jawab siswa selama mengikuti pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilai pengukuran kemampuan motorik kasar siswa yang meningkat yaitu dari tahap pratindakan dengan rata-rata sebesar 56,13, siklus I sebesar 62,90, dan siklus II sebesar 75,65. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan bola besar dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, motorik kasar, permainan, bola besar
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:59
Last Modified: 03 Jul 2020 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68423

Actions (login required)

View Item View Item