HUBUNGAN ANTARA PANJANG LENGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN MEMUKUL PADA PERMAINAN KASTI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KANOMAN PANJATAN KULON PROGO

Wulandari, Wahyu (2020) HUBUNGAN ANTARA PANJANG LENGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN MEMUKUL PADA PERMAINAN KASTI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KANOMAN PANJATAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara panjang lengan dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan memukul pada permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri 2 Kanoman Panjatan Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kanoman Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 siswa, yang diambil berdasarkan total sampling. Instrumen panjang lengan yaitu antropometer/meteran, kekuatan otot lengan yaitu tes menarik timbangan gantung dalam satuan kilogram, dan kemampuan memukul yaitu dengan memukul bola kasti sejauh-jauhnya. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan kemampuan memukul pada permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri 2 Kanoman Panjatan Kulon Progo dengan nilai r 0,608. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan memukul pada permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri 2 Kanoman Panjatan Kulon Progo, dengan nilai r 604. (3) Ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan memukul pada permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri 2 Kanoman Panjatan Kulon Progo, dengan nilai R 0,691.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Amat Komari, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kasti
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jun 2020 08:20
Last Modified: 30 Jun 2020 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68398

Actions (login required)

View Item View Item