PENGARUH LATIHAN DENGAN DAN TANPA BACKSWING TERHADAP KEMAMPUAN MENEMBAK FREE THROW PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRI BOLA BASKET SMA NEGERI 2 KLATEN

Arsena, Rengga (2020) PENGARUH LATIHAN DENGAN DAN TANPA BACKSWING TERHADAP KEMAMPUAN MENEMBAK FREE THROW PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRI BOLA BASKET SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk menganalisa kemampuan menembak secara rinci teknik free throw untuk mengetahui teknik yang benar, kelebihan dan kekurangan yang terjadi pada peserta ekstrakurikuler putri SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Instrument yang digunakan adalah shoting free throw selama 10 kali melakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler putri SMA Negeri 2 Klaten sebanyak 16 peserta. Teknik analisis data menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (uji paired sample t-test dan uji independen sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi > 0,05 sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh dan peningkatan antara hasil pre test dengan post test. Pada kelompok kontrol ditemukan nila mean pre test sebesar 2,38 dan hasil post test sebesar 4,75. Sedangkan pada kelompok eksperimen diperoleh hasil pre test 2,38 dan post test 4,00. Hasil uji beda juga menujukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, yang menunjukkan bahwa kelompok kontrol memberikan pengaruh lebih besar disbanding kelompok eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode latihan menggunakan backswing dan tanpa backswing sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil menembak free throw. Namun metode latihan dengan menggunakan backswing lebih efektif digunakan untuk meningkatkan shooting free throw pada peserta ekstrakurikuler putri bola basket SMA Negeri 2 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Budi Aryanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: latihan backswing, kemampuan free throw, bola basket
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jun 2020 08:14
Last Modified: 30 Jun 2020 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68397

Actions (login required)

View Item View Item