TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENILAIAN AUTENTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO

Wibowo, Pininto Aldi (2020) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENILAIAN AUTENTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PININTO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani tentang penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakantes. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru penjas se Kecamatan Sentolo yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan isntrumen pilihan ganda yang terdiri atas 30 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase, yang terbagi dalam 5 kategori yaitu kategori sangat rendah, rendah, cukup, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani tentang penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo adalah sebagai berikut, yaitu: tidak ada orang (0%) yang mempuyai pemahaman sangat tinggi, sebanyak 2 orang (8,33%) mempunyai pemahaman tinggi, sebanyak 10 orang (41,67%) mempunyai pamahaman cukup, sebanyak 12 orang (50%) mempunyai pemahaman rendah, dan tidak ada orang (0%) yang mempuyai pemahaman sangat rendah. Frekuensi terbanyak terletak pada kategori rendah, sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani tentang penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo adalah rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, S.Pd.Jas., M.Or.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, penilaian autentik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:58
Last Modified: 30 Jun 2020 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68395

Actions (login required)

View Item View Item