ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DAWUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Shintia, Eva (2021) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DAWUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_eva shintia_17604221002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analisis butir soal merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui kualitas butir soal agar soal yang digunakan dalam melaksanakan suatu tes benar-benar mampu mengukur kemampuan siswa dengan tepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Soal pilihan berganda Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V di SD Muhammadiyah Dawung Tahun Pelajaran 2019/2020 belum dianalisis, sehingga dibutuhkan analisis butir soal untuk mengetahui kualitas dan kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu untuk memperoleh data soal ujian, kunci jawaban dan lembar jawaban siswa seluruh peserta ujian, dengan jumlah subjek dari penelitian adalah 8 peserta tes. Kemudian untuk proses analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan program excel, dimana soal tersebut akan dianalisis dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh yang kemudian akan diketahui kualitas butir soalnya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa total 20 butir soal pilihan berganda ditinjau dari segi tingkat kesukaran menunjukan sebanyak 2 butir soal (10%) dalam kategori sukar, 7 butir soal (35%) dalam kategori sedang, 11 butir soal (55%) dalam kategori mudah. Ditinjau dari tingkat daya pembeda terdapat 7 butir soal (35%) dalam kategori jelek, 4 butir soal (20%) dalam kategori cukup, 4 butir soal (20%) dalam kategori baik, 3 butir soal (15%) dalam kategori baik sekali, dan 2 butir soal (10%) negatif atau tidak memiliki daya pembeda. Ditinjau dari efektivitas fungsi distraktor dari 80 opsi yang ada diperoleh 38 (47,4%) opsi berfungsi baik, dan 42 ( 52.5%) opsi memiliki fungsi kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Sridadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, penilaian akhir semester
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:08
Last Modified: 15 Oct 2021 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68393

Actions (login required)

View Item View Item