PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Riyadi, Andrian (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andrian Riyadi 16503244014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan tingkat kelayakan modul pembelajaran Teknik Gambar Manufaktur yang sesuai dengan kurikulum untuk diterapkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Hasil pengembangan modul berguna untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran Teknik Gambar Manufaktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode wawancara dan angket/kuesioner. Wawancara dilakukan terhadap responden, yaitu salah satu guru SMKN 3 Yogyakarta. Angket/kuesioner diberikan pada saat validasi produk yang melibatkan dosen dan guru sebagai ahli serta siswa SMKN 3 Yogyakart sebagai responden. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar penilaian untuk siswa sebagai responden serta disajikan dalam skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa (1) telah tersusunnya produk berupa modul pembelajaran Teknik Gambar Manufaktur untuk kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang terdiri dari 8 bab, serta telah disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) uji tingkat kelayakan modul pembelajaran teknik gambar manufaktur dari validasi dosen ahli materi mendapatkan nilai 3,33 dengan kategori “sangat layak”, dari validasi dosen ahli media mendapatkan nilai 3,35 dengan kategori “sangat layak”, dari validasi guru ahli materi mendapatkan nilai 3,04 dengan kategori “layak”, dari validasi guru ahli media mendapatkan nilai 3,35 dengan kategori “sangat layak”, dan penilaian dari siswa sebagai pengguna modul mendapatkan nilai 3,58 dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Pembelajaran, Teknik Gambar Manufaktur, Skala Likert
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:27
Last Modified: 29 Jun 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68379

Actions (login required)

View Item View Item