EFEKTIVITAS MASASE TERAPI TERHADAP PENDERITA HIPERTENSI PADA PASIEN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS HIPERTENSI (PROLANIS) DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT TURI

Triandatu, Triandatu (2020) EFEKTIVITAS MASASE TERAPI TERHADAP PENDERITA HIPERTENSI PADA PASIEN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS HIPERTENSI (PROLANIS) DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT TURI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Triandatu Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan masase terapi terhadap tekanan darah sistole dan diastole pasien Prolanis hipertensi di Puskesmas Turi Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental designs dengan rancangan penelitian one group pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien putri Prolanis hipertensi stage 1 dan stage 2 di Puskesmas Turi Kabupaten Sleman sejumlah 26 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapat sampel dengan jumlah 15 orang. Masase terapi hipertensi yang dilakukan berupa paket masase terapi hipertensi metode Ali Satia Graha yang dilakukan 15 menit sebanyak 3 kali perlakuan yang dilakukan dalam kurun waktu tiga hari (satu kali perlakuan dalam satu hari). Tekanan darah diukur menggunakan Aneroid Spygnomanometer sebelum perlakuan dan sesudah setiap perlakuan. Teknik analisis data menggunakan analisis uji paired t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemberian masase terapi pada pasien Prolanis hipertensi di Puskesmas Turi Kabupaten Sleman dapat menurunkan tekanan darah sistole dari 155.33 mmHg menjadi 135.33 mmHg, dan tekanan darah diastole dari 100.66 mmHg menjadi 90.00 mmHg dengan nilai p value sebesar 0,000 pada tekanan darah sistole, dan tekanan darah diastole dengan nilai p Value sebesar 0,001. Dapat disimpulkan bahwa masase terapi hipertensi metode Ali Satia Graha efektif dan signifikan dalam menurunkan hipertensi pada pasien Prolanis hipertensi di Puskesmas Turi Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: masase, terapi, tekanan darah, hipertensi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:13
Last Modified: 29 Jun 2020 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68376

Actions (login required)

View Item View Item