REFLEKSI GURU PJOK PEREMPUAN DALAM MEMAKNAI PERANNYA SEBAGAI GURU PJOK DI SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Minanullah, Minanullah (2020) REFLEKSI GURU PJOK PEREMPUAN DALAM MEMAKNAI PERANNYA SEBAGAI GURU PJOK DI SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana guru PJOK perempuan dalam memaknai perannya sebagai guru PJOK di SMP Negeri Se- Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK perempuan di SMP Negeri Se-Kota Yogyakarta sebanyak 9 guru. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam guna memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Analisis data dibantu dengat aplikasi atlas.ti 8. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perempuan yang berprofesi guru PJOK dalam memaknai perannya sebagai guru PJOK merasa bangga dan menikmati dalam menjalankan tugasnya mengajar penjas karena menjadi seorang guru PJOK merupakan cita-citanya. Adanya pandangan negatif masyarakat yang mempersepsikan seorang perempuan tidak mampu dan tidak cocok menjadi guru PJOK. Guru PJOK perempuan tidak setuju adanya pandangan negatif tersebut dan justru merasa tertantang untuk membuktikan bahwa profesi guru PJOK itu tidak semata-mata harus diidentikan dengan laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Memaknai, Guru PJOK
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:38
Last Modified: 29 Jun 2020 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68372

Actions (login required)

View Item View Item