SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV TENTANG KEBUGARAN JASMANI DI SD N MONGGANG KABUPATEN BANTUL

Yudhana, Candra Satya (2021) SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV TENTANG KEBUGARAN JASMANI DI SD N MONGGANG KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_candra satya yudhana_17604221040.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat pemahaman peserta didik kelas IV SD N Monggang Kabupaten Bantul tentang kebugaran jasmani, adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman peserta didik kelas IV tentang kebugaran jasmani di SD N Monggang Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD N Monggang Kabupaten Bantul berjumlah 25 peserta didik. Sumber data diperoleh menggunakan angket berupa soal tes berjumlah 30 butir valid dengan koefisien reliabilitas 0,916. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pemahaman peserta didik kelas IV tentang kebugaran jasmani di SD N Monggang Kabupaten Bantul secara keseluruhan dalam kategori rendah sebanyak 3 peserta didik dengan persentase 12%, dalam kategori sedang sebanyak 17 peserta didik dengan persentase 68%,dan dalam kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 20%, 1) faktor pengertian kebugaran jasmani, sebanyak 4 peserta didik (16%) masuk dalam kategori rendah, 15 peserta didik (60%) memiliki kategori sedang, sedangkan 6 peserta didik (24%) memiliki kategori tinggi. 2) faktor komponen kebugaran jasmani sebanyak 4 peserta didik (16%) memiliki kategori rendah, 14 peserta didik (56%) memiliki kategori sedang, dan 7 peserta didik (28%) masuk dalam kategori tinggi. 3) faktor manfaat kebugaran jasmani sebanyak 0 peserta didik (0%) dalam kategori rendah, 4 peserta didik (16%) memiliki kategori sedang, sedangkan 21 peserta didik (84%) memiliki kategori tinggi. 4) faktor pengembangan kebugaran jasmani sebanyak 3 peserta didik (12%) memiliki kategori rendah, 16 peserta didik (64%) memiliki kategori sedang, dan 6 peserta didik (24%) masuk dalam kategori tinggi. 5) faktor tes kebugaran jasmani sebanyak 4 peserta didik (16%) memiliki kategori rendah, 14 peserta didik (56%) memiliki kategori sedang, dan sisanya 7 peserta didik (28%) masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sugeng Purwanto M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pemahaman, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:21
Last Modified: 15 Oct 2021 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68371

Actions (login required)

View Item View Item